Sering Merasa Sakit Pada Perut Sebelah Kiri? Waspadai Penyakit Ini!

Jika gejala apendisitis ditandai dengan nyeri perut kanan, apa yang terjadi jika luka adalah perut kiri?

Nyeri perut kiri juga dialami cukup sering. Anda mungkin pernah merasakan keluhannya. Kondisi ini menyebabkan berbagai ketidaknyamanan seperti lendir, bengkak, mual, sampai sakit perut terdistorsi.

Berbagai fase dan siklus menstruasi penyakit bisa bersembunyi dibelakang perut kiri. Inilah beberapa penyakitnya:

Nyeri perut kiri atas

1. Gastritis dan ulkus peptikum

Gastritis (gastritis) dan ulkus peptikum (luka di dinding perut) adalah dua kondisi yang sering menyebabkan sakit perut bagian atas. Gejala berkisar dari kepenuhan di perut, mual sampai muntah dan sakit perut.

2. pankreatitis akut
Pankreatitis atau pembengkakan kelenjar pankreas menyebabkan rasa sakit parah di perut kiri atas, yang memancar ke belakang. Kondisi ini bisa disertai demam tinggi. Pasien dengan pankeratitis akut harus segera mendapat perawatan, karena penyakit ini cukup berbahaya.

3. Serangan jantung (angina)

Gejala utama serangan jantung biasanya nyeri di dada kiri, yang memancar ke lengan kiri. Namun pada beberapa orang, gejalanya seringkali tidak khas dan terasa lebih banyak di perut kiri.

Jika Anda mengalami rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan di perut kiri, disertai mual, muntah, sulit bernafas dan berkeringat dingin, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk bantuan sesegera mungkin.

Sakit perut kiri bawah
Peradangan pada saluran pencernaan

Peradangan usus besar (kolitis) dapat menyebabkan gejala nyeri perut bagian bawah bawah, disertai dengan cairan tinja, konstipasi, juga dikenal sebagai sembelit, sakit perut saat buang air besar, pembengkakan konstan dan sering buang air kecil.

Penyakit ginjal

Penyakit yang melibatkan organ ginjal, seperti batu ginjal, batu saluran kemih dan infeksi ginjal juga bisa menyebabkan sakit perut bagian bawah bawah.

Pada kasus batu ginjal dan batu saluran kemih, pasien akan mengalami keluhan tambahan nyeri punggung bawah, sulit buang air kecil dan kencing merah. Sedangkan pada kasus infeksi ginjal, nyeri perut kiri bawah disertai demam terjadi.

Hernia

Kondisi ini sering dialami pria. Biasanya, sakit perut kiri terjadi saat penderita batuk, lalu timbul benjolan di sekitar selangkangan atau testis.

Kondisi hernia tidak selalu berbahaya. Namun, pasien tetap harus menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar dan menghindari komplikasi.

Kista di indung telur
Kista ovarium adalah kondisi saat ovarium ditutupi dengan gulma. Tonjolan ini sepertinya tidak eksternal, tapi bisa menimbulkan rasa sakit. Bila kista berada di ovarium kiri, pasien akan mengalami nyeri perut kiri, yang bisa meluas ke selangkangan.

Beberapa kondisi cara melancarkan haid sebelumnya adalah kemungkinan penyebab sakit perut kiri yang sering ditemukan. Anda disarankan segera ke dokter, terutama jika Anda memiliki gejala yang menyertainya, seperti mual dan muntah yang terus-menerus, demam tinggi dan usus yang bercampur darah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tetap Fit Saat Mudik

Waspada Risiko Terserang Virus Nipah

Manfaat Air Liur Untuk Sembuhkan Luka